ARRC Bakal Buka Kelas Superbike di Tahun 2019

Asia Road Racing Championship (ARRC)

Senin, , 27 November 2017 - 17:47 WIB

Penulis :

Ichsan (ixzancuy@gmail.com)

Fotografer :

ARRC

Editor :

  • ARRC Bakal Buka Kelas Superbike di Tahun 2019

    ARRC buka kelas Superbike 1000 cc

JAKARTA. Rencana Asia Road Racing Championship (ARRC) untuk membuka kelas Superbike 1000 cc (baca disini) sepertinya bakal terlaksana, racinglovers. Two Wheel Motor Racing (TWMR) selaku penyelenggara sudah mengeluarkan rilis resmi mengenai kelas baru tersebut.

Dalam rilis tertulis kalau ARRC akan mulai memperkenalkan kelas Superbike 1000 cc pada tahun 2019 mendatang. Sedangkan untuk regulasi tekniknya akan mengacu pada regulasi dari FIM Superstock.

"Sejak pertama kali kami mengumumkan niat kami untuk membuka kelas Superbike pada tahun 2015, kami telah mengadakan banyak pertemuan dengan semua pemangku kepentingan di industri balap motor Asia. Kami percaya bahwa saat ini tepat untuk mengubah kelas Superbike Asia dari sebuah konsep menjadi kenyataan. Dalam beberapa tahun terakhir, kelas SuperBike telah menjadi kelas utama di berbagai kejuaraan nasional di seantero kawasan Asia,” ujar Ron Hogg, selaku Direktur TWMR.

"Keputusan tersebut akan membuka partisipasi dari lebih banyak produsen yang saat ini tidak mampu berlomba di kelas SuperSports 600cc bisa ikutan. Ini juga akan memungkinkan pembalap Asia untuk lebih mengembangkan tingkat mengendarai di kelas utama dengan basis motor produksi massal,”tambahnya.

“Pada akhirnya, kami berharap bahwa kelas baru ini akan menarik minat para pembalap dari seluruh dunia untuk berlomba di kawasan ini, sehingga menciptakan olahraga bermotor ini semarak dan berkembang di Asia,” pungkasnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari TWMR, apakah hadirnya kelas baru Superbike 1000 cc ini di tahun 2019 akan menghapus kelas Supersport 600 cc yang sudah ada selama ini, racinglovers.